Uji Coba Peraturan Baru di Malang

Posted: 5 Agustus 2010 in Olahraga

image

Noviantika Nasution dan Azrul Ananda (hitam). (nbl)

Turnamen pramusim National Basketball League (NBL) Indonesia akan diadakan di Malang pada 7-15 Juli. Bagi tim-tim NBL, tournamen ini akan menjadi ajang uji coba sejumlah peraturan pelaksanaan.

Selama turnamen akan diuji coba peraturan pertandingan terbaru FIBA 2010, yang baru akan dipraktekan setelah Kejuaraan Dunia Bola Basket di Turki, Agustus mendatang.

Dalam peraturan terbaru itu, bentuk garis-garis lapangan mengalami perubahan. Yang paling mencolok, jarak tembak tiga angka yang menjadi semakin jauh.

“Kami harus berdiskusi dengan semua klub dan PB Perbasi untuk memutuskan menggunakan peraturan terbaru FIBA itu. Untuk musim reguler yang dimulai Oktober 2010 nanti, tentu tidak masalah. Namun, turnamen pramusim sudah digelar bulan Juli,” kata Azrul Ananda, Komisaris NBL Indonesia.

“Setelah bicara dengan klub-klub dan PB, akhirnya disepakati untuk langsung menjajal regulasi baru sejak pramusim,” tambah Azrul.

Sementara ketua umum PB Perbasi,  Noviantika Nasution membenarkan kesepakatan menggunakan regulasi terbaru FIBA tersebut. “Sebenarnya aturan itu baru wajib dipakai setelah kejuaraan dunia. Di Asia, juga baru diwajibkan mulai 1 Januari 2011. Tapi setiap negara berhak memutuskan sendiri-sendiri untuk kepentingan sosialisasi. Jadi, kita memutuskan uji coba pada Preseason Tournament NBL Indonesia,” jelasnya.

Memang sempat terjadi kekhawatiran ketika aturan ini digunakan sesegera mungkin. Khususnya soal kesamaan persepsi antara wasit, pelatih, pemain, dan penyelenggara. Untuk itu, penyelenggara akan melaksanakan pertemuan khusus di Malang, sebelum turnamen pramusim bergulir.

“Persoalan wasit belakangan kerap jadi perbincangan. Untuk pramusim, kami sudah meminta kepada semua pihak untuk saling memahami, dan mungkin saling memaklumi. Bagaimana pun, benar atau salah akan jadi bahan evaluasi, sehingga musim reguler nanti berlangsung dengan sesedikit mungkin masalah,” jelas Azrul.

Ketua Dewan Komisaris NBL, Bella Erwin Harahap  menyebut turnamen pramusim nanti sebagai ajang belajar terbaik. “Cara belajar terbaik adalah dengan menjalani. Jadi, semua klub akan menjalani peraturan terbaru di babak Preseason nanti. Semua menyadari bahwa uji coba ini niatannya baik, sebagai bahan untuk musim reguler perdana NBL Indonesia yang terbaik,” ucapnya.

Semua klub telah mengirimkan susunan pemainnya untuk pramusim ini. Setelah turnamen berakhir 15 Juli nanti, semua klub menjalani evaluasi internal. Kemudian dalam 14 hari mereka harus menyerahkan susunan pemain untuk musim reguler (paling lambat 29 Juli 2010). Susunan itulah yang nanti akan bertanding pada musim perdana NBL Indonesia musim 2010-2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s